Selasa, 26 April 2011

5 KUNCI SUKSES BERWIRAUSAHA

5 KUNCI SUKSES BERWIRAUSAHA

Saatnya berwirausaha. Zaman telah mulai berubah. Persepsi tentang pekerjaan yang menjanjikan pun terus berubah. Dulunya mungkin pekerjaan kantor adalah pilihan utama masyarakat kita, namun dewasa ini semuanya telah berubah 180 derajat. Krisis ekonomi telah membuat banyak perusahaan terbelit hutang dan terpaksa untuk mem-PHK karyawannya. Pekerjaan kantor yang dulunya sangat menjanjikan kini telah dihantui momok PHK.
Oleh sebab itu sekarang telah banyak orang yang memandang berwirausaha sebagai alternatif terbaik untuk mensejahterakan hidup mereka. Usaha yang ingin dijalankan dapat bermacam-macam mulai dari menjual barang sampai menjual jasa.
Untuk membantu Anda memulai usaha Anda. Anda harus tahu 5 Kunci Sukses Berwirausaha berikut:

1. Kreativitas
Jika Anda ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses maka hal ini harus selalu menjadi prioritas Anda. Anda harus kreatif memilih usaha yang akan Anda jalankan. Lebih baik pilihlah usaha baru yang belum ada ataupun jika Anda ingin menjalankan usaha yang telah banyak diusahakan oleh orang banyak maka Anda harus membuat perbedaan. Misalnya bila Anda membuka toko yang menjual peralatan tulis-menulis, maka Anda dapat membuat perbedaan dengan cara menurunkan harga atau memberikan bonus jika pembeli melakukan pembelian mencapai harga tertentu yang telah ditetapkan.

2. Tekad Baja Dan Tahan banting
Untuk berwirausaha Anda juga harus memiliki tekad baja. Jika Anda ingin sukses berwirausaha Anda harus pantang menyerah. Ingat berwirausaha berbeda dengan bekerja di perusahaan. Ia membutuhkan kesabaran untuk terus berinovasi sebelum akhirnya menjadi mesin pencetak uang Anda. Jangan hanya akibat teman Anda mengkritik bahwa usaha yang Anda jalankan tidak akan sukses atau pada tahun pertama Anda membuka toko Anda, income yang Anda hasilkan masih dibawah target. Tekad baja untuk terus menambah pengetahuan, berinovasi dan memperbaiki kualitas produk atau jasa yang dijual akan membuat Anda sampai pada sukses. Anda adalah seorang wirausaha yang tahan banting, Iya kan para pembaca??

3. Modal
Mungkin Anda akan terheran mengapa modal tidak menduduki posisi jawara dalam kunci sukses berwirausaha. Saya akan memberikan ilustrasi untuk menjawabnya. Bayangkan saja apabila ada seorang anak kecil berusia 10 tahun yang mewarisi kekayaan seperti seorang milioner. Bisakah ia berwirausaha seperti membuka butik, salon, warnet ataupun restoran! Tentulah seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan berwirausaha yang kita kategorikan kreativitas setelah itu tentunya tekad baja untuk terus maju. Namun jika Anda ingin sukses berwirausaha maka Anda harus melihat budget Anda terlebih dahulu. Jangan terlalu naif, misalkan A hanya mempunyai budget 2 juta namun ingin membuka usaha jual/beli emas dan perhiasan. Seorang wirausaha harus bijak mempertimbangkan budget dengan bidang usahanya. Sebaiknya usaha peralatan tulis akan lebih sesuai dengan budget 2 juta yang dimiliki si A.

4. Mencintai pekerjaan
Alasan terbesar Anda terus betah menjalankan usaha Anda dan tidak berhenti berinovasi adalah karena kecintaan Anda pada usaha Anda. Telah banyak terbukti bahwa hobi yang awalnya digeluti seseorang akhirnya malah menjadi profesi yang mendatangkan kesuksesan. Setelah menyikapinya maka hal ini adalah tak lepas dari kecintaannya pada hobinya. Teruslah tumbuhkan minat dan kesenangan pada bidang yang sedang Anda tekuni.

5. Cerdas dalam mengambil keputusan
Untuk berwirausaha Anda harus mempunyai leardership yang baik, seperti cerdas dalam mengambil keputusan. Anda harus pintar mempelajari pasar usaha yang sedang Anda tekuni. Teruslah perhatikan "Kebutuhan Konsumen". Jika Joni menjalankan usaha jual/beli handphone dan voucher pulsa, tetapi hanya berbudget sedang-sedang maka ia harus cerdas melihat permintaan konsumen. Apabila lebih banyak permintaan voucher kartu X maka ia dapat lebih memfokuskan budgetnya untuk menyediakan voucher kartu X tersebut.

Selain itu seorang wirausaha harus cerdas mengambil keputusan dalam memperlebar sayap usahanya. Berwirausaha itu tidak boleh monoton hanya pada itu-itu saja. Ia harus tetap jerih memanfaatkan peluang untuk memperlebar sayap usahanya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Salam wirausaha !!

sumber foto: www.akhmadguntar.com/wp-content/uploads/2009/01/kunci-usaha-300x273.jpg

1 komentar:

jadikanlah Anda Inspirasi bagi orang lain, Semoga hari Anda menyenangkan dan terimakasih atas komentarnya..