Rabu, 08 Juni 2011

Kiat Bisnis

Kiat Membangun Bisnis Sampingan Yang Menggiurkan
by Fadly Muin on July 17, 2009
puji irwantoMemiliki bisnis yang mapan merupakan impian yang sangat mulia. Banyak orang bercita-cita memiliki bisnis yang besar, yang akan menjamin hidupnya kelak. Bisnis yang bisa membuatnya hidup lebih berkualitas. Namun karena adanya benturan realitas hidup yang mesti di jalankannya. Apalagi jika pekerjaan yang sekarang dijalaninya, tidak semua orang bisa begitu saja meninggalkan pekerjaannya. Ada tahap-tahap yang mau tidak mau harus di laluinya. Maka disitulah biasanya kita menyebutnya sebagai bisnis sambilan. Karena pekerjaan utama, belum bisa di tinggalkan. Sementara usaha atau bisnis yang ingin kita jalankan, belum bisa memberikan kepercayaan penuh akan menjamin “arus kas” yang pasti. Seorang yang terikat oleh sebuah ikatan kerja, tentu tidak bisa begitu saja melepaskan pekerjaannya dan beralih membangun bisnisnya sendiri. Karena ada 2 hal yang mesti di perhatikan:
  1. Harus melalui proses pengunduran diri. Dan ini perlu komunikasi yang baik dengan atasan maupun terhadap management pada umumnya. Tidak bisa hari ini mengundurkan diri, besok sudah tidak kerja. Tentu ada aturan dan etika yang harus di patuhi. apalagi kalau posisinya sangat strategis dan membutuhkan staf khusus. Masing-masing perusahaan tentu memilik kebijakan masing-masing terkait hal ini.
  2. di perlukan mental yang siap untuk melakukan perubahan total. Siap untuk tidak mendapatkan gaji, siap untuk tidak mendapatkan penghasilan pasti, siap untuk susah dan masuk ke zona tidak aman yang menakutkan.
Jika anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang ingin “memiliki bisnis” dan terbentur oleh 2 hal tersebut di atas. Maka berikut ini beberapa kiat yang mungkin berguna. Silahkan di simak….
Buatlah Suatu Keputusan
Pertama-tama Buatlah suatu keputusan. Keputusan ini sangat penting, karena disinilah landasan utama anda untuk melangkah. komitmen yang akan mengawal perjalanan hidup anda di dunia lain, dunia yang ingin anda raih.
Pilih Jenis Bisnis Sesuai Selera Anda
Saya yakin anda memiliki keinginan yang berbeda di bandingkan dengan teman anda. maka dari itu, jika anda ingin berbisnis, pilihlah jenis bisnis sesuai selera anda, jangan takut untuk memilih jalan sendiri. Pilihlah jenis bisnis yang sekiranya bisa anda jalankan, bisnis yang paling mendekati keahlian anda. jika anda ahli di bidang masak-memasak, kenapa tidak anda buka bisnis makanan, atau apa saja yang anda fikir / yakin bisa anda laksankan
Sesuaikan Bisnis Dengan Kemampuan Modal Anda
Apapun jenis bisnis yang anda jalankan, resiko mutlak anda hadapi. Tapi, untuk tahap awal, pilihlah jenis bisnis yang modalnya terjangkau. Berfikirlah realistis dulu. Karena disini yang terpenting, selain bisnis itu sendiri. Anda sebenarnya sedang melatih mental bisnis anda sendiri. Caranya dengan langsung action. Oleh karena itu, agar tidak terlalu kaget jika kelaj mengalami kerugian [ semoga tidak yah..] makanya pilihlah jenis bisnis yang terjangkau dan minim dulu.
Buatlah Perencanaan Bisnis Sederhana
Tidak perlu terlalu rumit membuat suatu perencanaan bisnis. Namanya juga bisnis sampingan. Tentu, konsentrasi masih terbagi dengan pekerjaan inti. Tapi bukan berarti bisnis sampingan yang akan anda bangun ini, di laksanakan asal-asalan. Tentu di butuhkan juga suatu perencanaan yang matang. Walau sederhana, dengan serius melakukannya, saya yakin kita akan terlatih. Kebiasaan ini akan berguna, jika kelak anda akan membangun bisnis yang lebih besar.
Carilah Literatur Tentang Bisnis Yang Anda Pilih
Walau sedikit banyak, anda sudah mengetahui bisnis yang anda pilih, ada baiknya anda menambah wawasan terhadap bisnis yang akan anda geluti tersebut. Semakin banyak informasi yang anda dapat tentang bisnis sejenis, semakin paham pula anda tentang seluk beluknya. Hal itu sangat berguna untuk pencegahan terhadap tindakan-tindakan yang salah.
Lakukan Survey Kilat
Survey ini sangat perlu. Dalam membangun bisnis survey ini berguna sebagai pemetaan. Anda perlu tau di mana lokasi bisnis yang akan anda jalankan. Dimana mendapatkan bahan baku, bagaimana proses produksi dan sebagainya. Hal ini perlu survey agar saat beroperasi, bisnis anda tidak akan kaget. Paling tidak anda sudah mendapat bayangan, bagaimana cara beroperasi bisnis anda nantinya
Pertajam Intuisi Bisnis Anda
Sebagai Pebisnis Pemula memiliki kejelian intuisi tidak bisa diperoleh secara instant. Ada proses yang harus di lalui. Realisasi dan pengalamanlah yang akan memberikan semua itu. Intuisi ini sangat penting. Dengan memiliki intuisi yang terlatih, seorang pengusaha akan terbiasa dan mudah memprediksi prospek bisnisnya kedepan.
Jalankanlah dengan Niat Baik Penuh Keyakinan
Apapun kegiatan yang kita lakukan, tanpa niat dan keyakinan, niscaya semua itu hanyalah gurauan. Sia-sia dan tanpa makna. Oleh karena itu, jika anda ingin semua itu benar-benar terlaksana, maka perkuat hati anda dengan Niat Baik penuh Keyakinan. Bertekadlah bahwa anda akan sukses dengan bisnis ini. Go…! Sebagai bahan perenungan, silahkan simak Kisah Sukses Pak Puji Irwanto
Semoga memberikan Manfaat.
NB: Maaf kalau berkesan menggurui, ini kiat yang berlaku bagi siapa saja yang ingin berbisnis, termasuk saya :) ok?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jadikanlah Anda Inspirasi bagi orang lain, Semoga hari Anda menyenangkan dan terimakasih atas komentarnya..