Sabtu, 14 September 2013

Mendikbud: Ada Tiga Sasaran Pendirian Akademi Komunitas

Mendikbud: Ada Tiga Sasaran Pendirian Akademi Komunitas
Oleh Didi Rustam

JAKARTA, (PRLM).- Pendirian Akademi Komunitas (AK) yang sedang digarap oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan perluasan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Keberadaan SMK sebagai pendidikan vokasi akan didorong dengan AK. AK nantinya juga akan saling melengkapi dengan politeknik. “Ada tiga sasaran pendirian AK. Pertama, AK bertujuan untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan. Salah satu kriteria wilayah pendirian AK adalah kantong-kantong penyedia tenaga kerja Indonesia. Misalkan Indramayu, Tasikmalaya,” tutur Mendikbud Mohammad Nuh di Jakarta, Sabtu (25/8/12).

Kedua, daerah-daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah tapi belum dikelola dengan baik. Melalui AK, masyarakat setempat akan memiliki daya jual dan daya saing yang lebih tinggi. Sehingga jika di lingkungan tersebut ada pabrik atau perusahaan, masyarakat di sekitar AK bisa dilibatkan.

Dan ketiga, kata Nuh, AK adalah satu kesatuan dengan Masterplan Percepatan & Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia ( MP3EI). Pendirian AK memerlukan investasi yang besar baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Pekerjaan ini tidak mudah. Namun selama dananya tersedia, pasti jadi,” jelas Mendikbud.(kominfo/A-108)***

Sumber: Pikiran Rakyat
http://akademikomunitas.com/52.html
Sumber: DIKTI
Berita Lengkap: http://www.dikti.go.id/?p=5270&lang=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jadikanlah Anda Inspirasi bagi orang lain, Semoga hari Anda menyenangkan dan terimakasih atas komentarnya..