Selasa, 17 Januari 2012

Cara Menyanyi Sereosa

SERIOSA FOREVER
SARAH BRIGHTMAN

 Teknik Menyanyi Seriosa (Level 1)

Tips Nyanyi Seriosa (level 1 untuk seriosa)

1.Napas
2.Kejelasan lirik
3.Intonasi yang tepat ( Cengkok )
4.suara yang tepat
5.Power

1.Napas
          Berlatihlah untuk mengeluarkan napas sedikit demi sedikit.Karena pada intinya pada nada tinggi lebih mudah di  mainkan dari pada nada rendah . Kenapa ? karena pada nada tinggi suara lebih mudah untuk di kontrol karena napas yang di keluarkan lebih sedikit dari pada nada rendah . karena jika kita bernyanyi di nada rendah lebih banyak mengeluarkan napas.
Tips -- >- biasanya tahan napas mu, misalnya tahan napas 6 - 10 (lebih boleh)
             - Berenang juga bisa menjadi pilihan untuk mengatur napas ( paling bagus setiap minggu 2 jam atau
               3 hari sekali 30 - 1 1/2 jam )

2.Kejelasan Lirik
        Kejelasan lirik juga perlu. Kenapa ? karena jika bernyanyi lagu italia, ada banyak kata - kata yang belum pernah kita dengar sebelumnya. jadi sebelum bernyanyi hendaklah kita membaca lirik itu betul - betul agar tidak salah dalam mengucapkan karena berbeda kata berarti berbeda arti juga .
terutama jika anak level 1 baru belajar lagu "Time To Say Godbye" pada lirik akhir yaitu Lo Conte pasti akan sangat tidak jelas mengatakannya. kalau jelas berarti anak itu benar2 hebat

3.Intonasi yang tepat
       Sebenarnya intonasi sudah bisa diatur dengan tepat jika .. napas dan lirik sudah bisa di kuasai,.. dan sebenarnya dalam dunia seriosa intonasi atau cengkok juga jarang digunakan untuk lagu seriosa jaman sekarang. yang biasanya digunakan adalah seperti lagu - lagu yang ada di film "The Phantom of the Opera"(tidak semuanya)

4.Suara yang tepat .
       Sebenarnya dalam dunia seriosa tidak sembarang memilih teknik bernyanyi. ada tiga jenis yaitu suara tenggorokan ( tidak bisa 1 1/2 - 2 oktav biasanya mungkin 1 oktav saja ), Suara Perut ( hanya sampai 1 1/2 saja ) dan Head Voice ( bisa 2 - 3,5 oktav jika dilatih terus). paling aman memang menggunakan Head Voice. Suara perut memang bisa juga digunakan namun tidak semaksimal head voice.
Tips -- > -Jika memakai head voice biasanya kepala akan sedikit geli
               -Minumlah setidaknya 8 gelas air mineral / hari ( atau 5 gelas air biasa & 3 gelas air hangat
               -selalu berolahraga teratur ( beberapa hari sekali)

5.Power
       Power juga sangat di butuhkan pada saat menyanyikan nada tinggi dan panjang ( Time to say godbye - lirik akhir dll). Power juga tergantung dimana kita mengambil napas . Jika , kita mengambil napas pada saat yang salah maka hasilnya pada saat menyanyikan nada tinggi suara tidak tahan lama .
Sumber : Blog Tetangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jadikanlah Anda Inspirasi bagi orang lain, Semoga hari Anda menyenangkan dan terimakasih atas komentarnya..