Rabu, 28 Agustus 2013

Kemurahan Hati

KEMURAHAN HATI
Lilin anda takkan meredup cahayanya karena menerangi orang lain
Kembangkanlah kualitas kemurahan hati dalam hidup anda dengan cara:
1.Mensyukuri apapun yang anda miliki.
Sungguh sulit bagi seseorang untuk bersikap murah hati jika ia sendiri tidak puas dengan apa yang dimilikinya. Kemurahan hati timbul dari kecukupan diri dan bukan dari mendapatkan lebih. Jutawan John D.Rockefeller mengakui,”saya sudah menghasilkan uang jutaan, namun saya tidak menjadi bahagia karenanya.” Jika tidak bisa puas dengan jumlah kecil, anda takkan puas dengan jumlah besar. Jika anda tidak murah hati karena memiliki sedikit, anda takkan tiba-tiba berubah ketika menjadi kaya.
2.Mendahulukan orang lain
Ukuran seorang pemimpin bukanlah jumlah orang yang melayaninya, melainkan jumlah orang yang dilayaninya. Kemurahan hati menuntut kita untuk mendahulukan orang lain. Jika anda dapat melakukannya, member jadi lebih mudah.
3.Tidak membiarkan diri anda dikuasai oleh keinginan untuk memiliki.
Menurut earle Wilson, manusia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok: yang kaya, yang miskin, dan yang tidak membayar atas apa yang mereka miliki. Makin lama makin banyak ornag yang diperbudak oleh hanyat memiliki. Penulis Richard foster meulis,” hasrat memiliki telah menjadi obsesi dalam kebudayaan kita. Ketika memiliki sesuatu, kita merasa dapat mengendalikannya, dan ketika mengendalikannya, kita akan merasa mendapatkan kesenangan darinya. Ini sesungguhnya hanya ilusi.”jika ingin menguasai hati anda, jangan biarkan harta benda menguasai anda.
4.Menganggap uang sebagai sumber daya.
Seseorang pernah mengatakan bahwa dalam soal uang, anda tiadak mungkin benar. Jika memfokuskan diri untuk mengumpulkan uang, anda materialistic. Jika berusaha namun tidak mendapatkan uang, anda pecundang. Jika mendapatkan banyak uang dan anda menyimpannya, anda kikir. Jika mendapatkan uang dan membelanjakannya, anda pemboros. Jika tidak memusingkan tentang uang, anda tidak ambisius. Jika mendapatkan banyak uang dan anda masih menyimpannya ketika anda sudah meninggal, anda bodoh karena mencoba membawanya bersama anda. Satu-satunya cara untuk benar-benar menang terhadap uang adalah dengan tidak terlalu erat memegangnya dan bersikap murah hati untuk mencapai hal-hal yang bernilai.
5.Mengembangkan kebiasaan member.
Pada tahun 1889, industriawan jutawan, Andrew Carnegie menulis sebuah cerita berjudul “gospel of wealth” didalamnya ia mengatakan bahwa dalam kehidupan seseorang yang kaya seharusnya ada dua periode: masa mendapatkan kekayaan serta masa membagi-bagikannya. Satu-satunya cara untuk mempertahankan sikap murah hati adalah dengan mengmbangkan keiasaan untik member : waktu, perhatian, uang, dan sumber-sumber daya anda. Richard foster menasihati, merelakan uang atau harta lainnya saja, akan mengakibatkan sesuatu terjadi di dalam diri kita. Kita menghancurkan iblis keserakahan. Anda takkan dapat memimpin jika diperbudak oleh keserakahan.
Untuk meningkatkan kemurahan hati anda, lakukan hal-hal berikut ini:
Berikanlah sesuatu dengan Cuma-Cuma. Renungkanlah seberapa jauh harta anda menguasai anda. Ambillah sesuatu yang benar-benar anda hargai, pikirkanlah seseorang yang anda pedulikan, yang dapat memperoleh manfaat dari barang tersebut, dan berikanlah kepadanya. Lebih baik lagi jika anda dapat melakukannya tanpa menyebutkan nama anda.
Upayakanlah agar uang anda bermanfaat. Jika anda kenal seseorang yang bermimpi untuk melakukan sesuatu yang benar-benar besar, sesuatu yang akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan orang lain, berikanlah sumber daya baginya untuk melaksanakannya. Upayakanlah agar uang anda bermanfaat sekalipun anda telah tiada,
Carilah seseorang untuk anda bimbing. Begitu anda mencapai tingkatan tertentu dalam kepemimpinan, hal yang paling berharga yang dapat anda berikan adalah diri anda sendiri. Carilah seseorang yang kepadanya anda dapat mencurahkan hidup anda. Lalu berilah ia waktu serta sumber-sumber daya agar ia menjadi pemimpin yang lebih baik.
 
Sumber : klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jadikanlah Anda Inspirasi bagi orang lain, Semoga hari Anda menyenangkan dan terimakasih atas komentarnya..