Tuesday, May 3, 2011

Bahasa mandarin 2

Cara Menyapa dalam Bahasa Mandarin

Cara Menyapa dalam Bahasa Mandarin

Ditulis pada: 4 May, 2008 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 1 oleh: ADeLia

Dalam menyapa orang lain, masyarakat Cina sangat memperhatikan usia, kedudukan dan hubungan kekerabatan. Untuk menyapa orang yang lebih tua atau orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi, tidak boleh langsung menyebutkan nama orang yang bersangkutan. Dalam kata sapaan, untuk menghormati pihak yang sedang diajak bicara, masyarakat Cina sering menyertakan profesi seseorang setelah nama marganya. Contohnya : 李老师

/ lǐ lǎoshī (Guru Li),韩医生/Hán yīshēng (Dokter Han),王律师/Wáng lǜshī (Pengacara Wang).

Di Cina, “你好

nǐhǎo” merupakan kata sapaan yang sering digunakan pada saat pertama kali bertemu atau berkenalan dengan orang lain. Selain itu, menyapa orang yang sudah dikenal sebelumnya juga dapat nmenanyakan “吃饭了吗?chīfàn le ma?”(Sudah makan?) atau dapat menggunakan kalimat basa-basi berdasarkan kegiatan yang sedang dikerjakan oleh lawan bicara.

Contoh:

A sedang membaca buku, B dapat menyapa dengan berkata “在看书啊

?/zài kàn shū a? (Sedang baca buku ya?) atau 在看什么书呢?/ zài kàn shén me shū ne?(Sedang baca buku apa?)” Pertanyaan semacam ini dikategorikan sebagai pertanyaan basa-basi, lawan bicara tidak harus menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas dan pasti.

Kalimat umum:

你好

!nǐ hǎo* : Apa kabar?

您*好

! nín hǎo :Apa kabar?

你好吗

?nǐ hǎo ma :Bagaimana kabarnya?

您好吗

? nín hǎo ma:Bagaimana kabar anda?

我很好

wǒ hěn hǎo:Saya baik-baik saja

我也很好

wǒ yě hěn hǎo:Saya Juga baik-baik saja

Catatan :

* 您 (nín) : dipakai untuk menyapa orang yang lebih tua atau yang kedudukannya lebih tinggi

* 你好!(nǐ hǎo) : Merupakan kata sapaan yang umum digunakan dalam bahasa Mandarin. Pada saat berkenalan dengan orang lain biasa digunakan kata ini, atau untuk menyapa orang yang sudah dikenal juga biasa digunakan kata ini. 你(nǐ) merupakan kata ganti orang, dan dapat diubah sesuai dengan konteks.

Contoh : untuk menyapa guru (老师:lǎo shī ) dapat digunakan kata 老师好!(lǎo shī hǎo), atau untuk menyapa teman dapat langsung menyebutkan namanya seperti: 林娜好!(línnà hǎo)。你好!(nǐ hǎo) biasanya di balas dengan kata yang sama.

Pengisi suara: 刘斌(Liu Bin),ADeLia

Gambar : http://nipic.com

No comments:

Sosialisasi Akademi Komunitas Negeri Prabumulih

A kademi Komunitas Prabumulih menampakkan geliat perkembangannya, terlihat antara lain dari minat masyarakat terhadap akn pra...